-->

Breaking

Selasa, 16 Juni 2020

Kursus Dagang Online di 5 Pasar Online | Info 0852-8022-9200

Kursus Dagang Online di 5 Pasar Online | Info 0852-8022-9200

Kursus Dagang Online – Memulai bisnis online memang tidak mudah tapi bukan suatu hal yang mustahil Anda lakukan. Di artikel kali ini, Anda akan mendapatkan cara berbisnis online mulai dari NOL (0). Mulai dari menentukan produk apa yang akan dijual hingga memasarkan produk tersebut.
Nah kira kira bagaimana si cara memulainya? Setidaknya ada 9 langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online bagi pemula.

1. Temukan masalah yang sedang dihadapi pasar

Ketika Anda akan memulai bisnis online, bisnis apapun itu yang pertama harus Anda pikirkan adalah apakah produk Anda dibutuhkan oleh pasar? dan apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah konsumen?
Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan hal berikut ini :
  • Cari tahu masalah yang dihadapi konsumen, ada banyak masalah yang dihadapi konsumen. Maka dari itu Anda harus bisa menjual produk yang dapat mengatasi masalah tersebut.
  • Cari business opportunity di mana saja, jangan terpaku pada asumsi diri sendiri. Anda harus riset di internet baik itu di google, media sosial, marketplace dan media lainnya.
  • Pilih masalah dengan potensi bisnis, tidak semua masalah bisa menjadi potensi bisnis. Jadi Anda perlu memilih milih masalah konsumen yang bisa menjadi potensi bisnis Anda.

2. Lakukan riset pasar

Setelah Anda memilih masalah yang berpotensi bisnis, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu karena Anda tidak bisa memulai suatu bisnis hanya dengan asumsi pribadi kita saja. Hal termudah dan tercepat yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset adalah melalui mesin pencarian online, contohnya Google. Caranya adalah...
  • Riset Keyword (Riset Kata Kunci), jadi Anda bisa tahu apa yang dicari orang untuk masalah yang mereka hadapi di mesin pencarian. Dari hasil pencarian tersebut Anda bisa menemukan solusi dari masalah yang dicari oleh konsumen Anda. Selain itu Anda juga  bisa mengecek di tools riset keyword seperti ubbersuggest, keyword tools.io, google trends dan lain sebagainya. Yang bisa Anda ketahui dari situ adalah trends pencarian lalu kata kunci apa yang terkait dan pentingnya Anda bisa mengetahui berapa besar pencarian serta lokasi asal pencarian.
  • Cek yang sedang tren di sosial media 
  • Bergabunglah ke forum, biasanya calon konsumen memiliki grup untuk membahas produk apa yang mereka pakai atau yang mereka cari. Nah Anda bisa masuk ke grup tersebut agar Anda tahu apa yang mereka cari dan mereka butuhkan.

3. Analisis kompetitor

Jika Anda ingin mengalahkan kompetitor maka Anda harus tahu dahulu seperti apa kompetitor yang Anda hadapi. Seperti kelebihan mereka apa dan kekurangan mereka apa. Untuk melalukan analisis kompetitor Anda bisa melalukan beberapa hal ini :
  • Kunjungi website kompetitor, perhatikan setiap detail yang ada pada website kompetitor ana. Mulai dari template, kecepatan, backlink dan lain lain.
  • Kunjungi media sosial kompetitor, Anda perlu cek seperti apa media sosial yang mereka gunakan. Seberapa aktif mereka posting di media sosial dan lain sebagainya. 
  • Cari review produk kompetitor, dengan ini Anda bisa mengetahui banyak informasi kompetitor langsung dari pelanggannya.
  • Bandingkan harga kompetitor, harga masih menjadi faktor penting yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli suatu produk. Anda harus membandingkan semua harga produk dari semua kompetitor Anda.

4. Cari model bisnis yang sesuai

Riset Anda tidak terhenti hanya sampai di target pelanggan dan target produk yang akan dijual. Tapi Anda juga harus menentukan model bisnis mana yang sekiranya paling menguntungkan. Pikirkan secara matang model bisnis apa yang ingin Anda pilih. Anda bisa menjadi reseller, atau mencoba dropship, program aafiliasi atau juga langsung stok barang.

5. Tentukan target pasar yang pas untuk model bisnis yang Anda pilih

Dengan menentukan target pasar yang spesifik kamu bisa mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu Anda jadi akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing.

Kursus Dagang Online di 5 Pasar Online | Info 0852-8022-9200

6. Buat atau cari produk

Jika Anda akan menjual produk yang melalui proses produksi, ini saatnya Anda membuat produk terlebih dahulu. Berdasarkan riset pasar, analisis kompetitor serta penentuan target pasar, Anda bisa memilih bahan baku yang paling sesuai untuk produk yang akan Anda produksi.

7. Buat website resmi

Membuat website untuk bisnis online sekarang sangat mudah, Anda tidak perlu bisa programming ataupun coding untuk bisa membuat website. nah bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan website builder yang kini sudah banyak tersedia seperti wordpress, blogspot dan lain sebagainya. Anda juga bisa memesan website ke jasa pembuatan website.

8. Pasarkan produk dengan strategi yang tepat

Ingat! Pemasaran online tidak bisa asal asalan, Anda memerlukan strategi  yang tepat untuk memasarkan bisnis online Anda kepada target market yang tepat dengan pesan marketing yang sesuai. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.
  • Manfaatkan Google Bisnisku
  • Optimasi SEO
  • Maksimalkan Media Sosial

9. Pertahankan pelanggan yang setia

Kita tahu kita harus selalu menargetkan pelanggan baru, tapi jangan lupa pertahankan pelanggan yang lama.

Bisnis online memang terlihat mudah dan simple ya, tapi ternyata tidak sesimple itu bung. Banyak yang harus dipelajari untuk bisa berbisnis online. Dari uraian diatas, mana ini yang Anda belum bisa?
Kami sebagai pelaku bisnis online yang sudah sekian lama berkecimpung di dunia online ingin menurukan ilmu kepada Anda semua yang ingin berbisnis online juga.

Kursus Dagang Online di 5 Pasar Online | Info 0852-8022-9200

Anda bisa mengikuti Kursus Dagang Online yang kami selenggarakan, biasanya 1 bulan sekali atau pada event – event tertentu. Kami juga membuka Pelatihan Bisnis Online Gratis bagi Anda yang ingin benar - benar belajar.

Untuk informasi lengkap tentang kursus bisnis online, Anda bisa langsung menghubungi customer service kami di nomor +62 852-8022-9200.

Untuk kursusnya sendiri ada yang berbayar berupa kursus privat. Nah tapi kami juga menyelenggarakan kursus gratis dengan persyaratan tertentu. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk sukses yaa. Segera ikuti kursusnya sekarang juga dan mari kita sukses bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar